Apa itu Krustasea ?

Krustasea (crustasea) adalah suatu kelompok besar dari arthropoda, terdiri dari kurang lebih 52.000 spesies yang terdeskrepsikan, dan biasanya dianggap sebagai suatu subfilum. Kelompok ini mencakup hewan-hewan yang cukup dikenal seperti lobster, kepiting, udang karang, serta teritip. Mayoritas merupakan hewan air, baik air tawar maupun air asin, walaupun beberapa kelompok telah beradaptasi dengan kehidupan darat, seperti kepiting darat. Semua Krustasea memiliki sepasang antena dan sepasang rahang. Krustasea juga tertutup kulit yang ketebalannya berbeda-beda. Indera pendengaran krustasea hampir tak berfungsi, namun indera yang lain berkembang dengan baik. Di badan dan kaki-kaki krustasea terdapat rambut yang sangat sensitif untuk enyentuh. Rambut dan antena juga digunakan untuk mengecap dan mencium aroma.

Beberapa Jenis Krustasea :

  • Plankton, Plankton yang menghasilkan larva laut dalam jumlah sangat banyak merupakan mata rantai makanan penting di laut.
  • Kepiting Kelapa , merupakan jenis kepiting yang sangat besar, dengan panjang 46 cm dan berat 2-2,5kg. Keepiting ini hidup di kepulauan pasifik timur. Ia mampu memetik kelapa dan mejatuhkannya ke tanah, lalu memecahkan serta kemudian memakannya.
FAKTA UNIK
Ukuran krustasea amat beragam. Mulai dari Daphnia (sejenis kutu air) yang panjangnya kurang dari 3mm sampai kepiting laut raksasa Jepang yang ketika cakarnya dibuka, Panjang tubuhnya mencapai lebih dari 4  meter lebih.


Kepiting Raksasa Jepang
Sekian dan Terima Kasih. Jangan lupa untuk berkunjung lagi pada coretan saya.
Previous
Next Post »