Bermacam Jenis Ikan

Ikan adalah anggota vertebrata polikiloternik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia.

Beberapa Jenis Ikan

  • Coelacanth yang ditemukan tahun 1930-an merupakan "fosil hidup" , sebab ikan ini telah ada sejak 70 juta tahun lalu.
Coelacanth
  • Hiu Putih Besar (carcharodon carcharias) memiliki panjang 6-7,5 meter dengan berat 3.000kg. Meski berat, hiu jenis ini bisa berenang dengan kecepatan 15mil/jam. Sebuah gigi hiu bisa mencapai 7,5cm.
Hiu Putih Besar
  • Pirarucu merupakan ikan air tawar terbesar dengan panjang 5 meter dan berat 200kg lebih. Betinanya bisa bertelur sebanyak 11.000 butir
Pirarucu
  • Paus Bongkok (megapetra novaeangliae) bisa mengluarkan suara yang beragam. Suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan paus lain.
Paus Bongkok
  • Kuda Laut mungkin mahkluk yang paling eksentrik karena bentuknya yang menyerupai kuda catur (knight). Selain itu, pejantan yang mengerami dan menetaskan telur di dalam tubuhnya.
Kuda Laut
  • Ikan Naga Hitam (black dragon fish) hidup di kedalam 300-2.000 meter. Ikan ini memiliki bentuk aneh yang menyerupai monster. Taringnya tajam dan panjang. Ia juga memiliki organ yang dapat menyela di bawah setiap mata yang disebut photophores.Rahang bawahnya mempunyai filamen yang dapat bersinar untuk memancing mangsanya mendekat.
Ikan Naga Hitam
  • Ikan Sebelah (pleuronectidae) adalah ikan yang berbentuk pipih dan hidup di dasar air. Ikan ini bisa menyamakan warna tubuhnya dengan keadaan di sekelilingnya untuk penyamaran dan menunggu mangsa.
Ikan Sebalah
  • Pari Hantu (manta birostris) memiliki lebar sayap 9 meter dengan berat mencapai 1.200-1.400kg.
Pari Hantu
  • Barakuda termasuk hewan predator dan sering ditakuti karena dianggap penyerang manusia. Sebenarnya, penyerangan ini lebih dikarenakan barakuda tertarik pada benda-benda asing yang memantulkan cahaya.
Barakuda

FAKTA UNIK
Tidak seperti ikan lain, ikan pedang (swordfish), memiliki sirkulasi darah yang aktif. Suhu tubuh ikan pedang lebih tinggi dari suhu air di sekelilingnya sehingga dapat bergerak sangat cepat dan melompat sangat tinggi.

Sekian dan Terima Kasih, Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus berkunjung pada coretan saya.
Latest
Previous
Next Post »