Laba-Laba Itu Bukan Serangga

Laba-laba merupakan jenis hewan berbuku-buku (arthopoda) dengan duas segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memilliki mulut pengunyah. Laba-laba bukan serangga. Ia termasuk arakind , bersama dengan kalajengking , ketonggeng , tungau dan beberapa jenis kutu. Tidak semua laba-laba beracun. Jenis laba-laba beracun, seperti laba-laba janda hitam, Sangat berbahaya bagi manusia. Selain menimbulkan rasa sakit, racunnya dapat menyebabkan sulit bernapas. Kebanyakkan laba-laba memiliki 8 mata, kecuali yang tinggal di gua, tidak memiliki mata sama sekali. Besar tubuh laba-laba hanya 2cm, kecuali laba-laba Mygale (pemakan burung) yang memiliki panjang 9cm. Bahkan kaki laba-laba jenis ini bisa mencapai panjang 20cm.

Anatomi Serangga
Serangga berjumlah 800.000 jenis. Semua serangga memiliki sepasang antena yang berfungsi sebagai indera peraba dan pembau. Serangga memiliki 3 pasang kaki, throax (dada) dan abdomen (perut). Thorax dan abdomen dipisahkan oleh "pinggang" kecil. Semua serangga memiliki eksoskeleton (penututp tubuh luar yang keras atau "kulit"). Serangga telah ada sejak 230 juta tahun lalu. Salah satu kunci kesuksesan serangga bertahan sampai sekarang di antaranya kemampuan terbang yang membuatnya cepat beradaptasi, berukuran kecil, dan memiliki "kulit" keras seperti pelat baja untuk melindungi tubuhnya.


Belalang Padang Pasir

FAKTA UNIK
Belalang Padang Pasir yang panjangnya mencapai 7,5cm dapat berhimpun dalam kelompok besar, menutupi daerah seluas 1.000 km persegi dan memakan habis 200.00 ton makanan setiap hari.
Previous
Next Post »