Apa Saja Jenis Gurita ?

Gurita (Octopus) adalah hewan moluska dari kelas cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala) termasuk ordo  octopoda  dengan terumbu karang sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas cephalopoda. Gurita memiliki 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat pengisap berupa nulatan bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa.

Beberapa Jenis Gurita

  • Opisthoteuthis extensa, bertubuh dasar dan tipis.
  • Eledonella pygmaea , bertubuh transparan yang besarnya hanya beberapa sentimeter dan ditemukan di kedalaman 5.400 meter lebih.
  • Gurita Biasa,  betinanya tidak pernah meninggalkan bayinya sampai satu bulan lebih.
  • Gurita Hantu,  berwajah menakutkan, besarnya 30cm, berbadan tipis dan tertutup selaput hitam, tentakelnnya terbentuk payung, dan dua matanya merah bersinar seperti bara api.
  • Hapalochlaena maculosa, bisa membunuh mangsa tanpa menyentuhnya dengan menyemburkan racun.
Bagian Tubuh Gurita
  • Lengan Gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar.
  • Gurita tidak memiliki cangkang sebagai pelindung di bagian luar (seperti nautillus) dan tidak memeiliki cangkang dalam atau tulang (seperti sotong dan cumi cumi).
  • Paruh merupakan bagian terkeras dari tubuh gurita yang digunakan sebagai rahang untuk membunuh mangsa dan menggigitnya menjadi bagian-bagian kecil.

Opisthoteuthis extensa


Eledonella pygmaea


Gurita Biasa


Gurita Hantu



Hapalochlaena maculosa


FAKTA UNIK : 
Gurita mempunyai masa hidup relatif singkat. Reproduksi merupakan salah satu sebab kematiannya. Gurita Jantan hanya bisa hidup beberapa bulan setelah kawin dan gurita betina mati tidak lama setelah bertelur. Kematian disebabkan kelalaian gurita untuk makan selama sekitar satu bulan sewaktu menjaga telur-telur yang belum menetas.

Sekian dan Terima Kasih. Jangan lupa untuk berkunjung pada coretan saya lagi.
Previous
Next Post »